MANAJEMEN
Manajemen berasal dari ”to manage” berarti mengatur.
Berapa definisi manajemen yang dikemukakan para ahli:
• Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
• Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan SDM dan sumber-sumber lainnya.
• Manajemen sebagai suatu teknik, maksud dan tujuan dari sekelompok manusia tertentu yg ditetapkan, dijelaskan dan dijalankan.
• Manajemen adalah seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrol atas human and natural resources untuk mencapai tujuan yg telah ditentukan lebih dahulu.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari semua difenisi di atas sbb:
• Manajemen adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
• Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi dan koperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
• Manajemen mempunyai tujuan tertentu, berhasil tidaknya tujuan itu tergantung pada kemampuan mempergunakan segala potensi yang ada.
• Manajemen hanya dapat diterpkan pada sekelompok manusia yang bekerja sama secara formal serta mempunyai tujuan yang sama.
• Manajemen hanya merupakan alat untuk tujuan dengan efektif dan efisien.
• Dalam manajemen kepemimpinan merupakan faktor yang sangat dominan.
• Manajemen merupakan sistem kerja sama yang koperatif dan rasional.
• Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
Dasar manajemen adalah:
• Adanya kerjasama di antara sekelompok orang dalam ikatan formal.
• Adanya tujuan bersama serta kepentingan yang sama yang akan dicapai.
• Adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
• Adanya hubungan formal dan ikatan tatatertib yang baik.
• Adanya sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dilakukan.
• Adanya human organization.
Para perintis ilmu manajemen
• Frederick Winslow Taylor (1856-1915)
bapak scientific management orang yang pertama mengemukakan ide-ide serta menetapkan dasar-dasar ilmu pengetahuan manajemen (Time and Motion Study).
Tahun 1911: The Principle of Scientific Manajement (berisi tentang efisiensi dan enfesiensi dalam semua bidang)
Asas-asas manajemen (F.W.Taylor):
• Pengembangan metode-metoe kerja yang terbaik.
• Pemilihan serta pengembangan para pekerja.
• Usaha untuk menghubungkan serta mempersatukan metode kerja yang terbaik & para pekerja yg terpilih & terlatih.
• Kerja sama yang harmonis antara manajer dan non manajer
• Henry Fayol (1841-1925)
mengembangkan pandangan manajemen sebagai suatu hal yang terdiri dari fungsi-fungsi planing, organizing, coordinating, commanding dan controling.
Kegiatan-kegiatan yang ada dalam usaha industri dapat dibagi dalam 6 bagian, yaitu:
• Teknis (produksi)
• Komersil (pembelian,pertukaran dan penjualan ).
• Finasial, yaitu mencari modal dan pemanfaatan secara optimal
• Keamanan, yaitu perlindungan thd hak milik dan kesehatan orang2
• Pembukuan dan termasuk statistik.
• Manajemen meliputi fungsi-fungsi manajemen.
Asas-asas manajemen secara umum (H.Fayol)
• Asas pembagian kerja
• Asas wewenang dan tanggungjawab
• Asas disiplin
• Asas kesatuan perintah
• Asas kesatuan jurusan atau arah
• Asas kepentingan umum di atas kepentingan pribadi
• Asas pemberian gaji yg wajar
• Asas pemusatan wewenang
• Asas rantai berkala
• Asas keteraturan
• Asas keadilan
• Asas kestabilan masa jabatan pegawai
• Asas insiatif
• Asas kesatuan
Ilmu dan Seni Manajemen
• Science (ilmu) adalah sekumpulan pengetaguan yang telah disistimatisasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian kebenaran umum, mengenai keadaan suatu subjek dan objek tertentu.
• Ilmu manajemen adalah suatu kumpulan pengetahuan yang sistimatisasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen.
• Seni adalah sesuatu kreativitas pribadi yang kuat dan disertai ketrampilan.
Seni manajemen meliputi:
• Kemampuan unuk melihat totalitas dari bagian-bagian yang terpisah dan berbeda-beda.
• Kemampuan untuk menciptakan sesuatu gambaran tentang sesuatu visi tertentu.
• Kemampuan untuk mengawinkan visi tersebut dengan skill atau kemampuan yang efektif.
Scientific management memiliki ciri-ciri sbb:
• Tersusun secara sitematis(teratur).
• Dapat dipelajari dan diajarkan
• Menggunakan metode-metodde ilmiah
• Dapat dijadikan suatu teori
• Objektif – rasional.
UNSUR, TUJUAN DAN FUNGSI MANAJEMEN
Unsur Manajemen (6M)
• Men, tenaga kerja manusia.
• Money, uang yang dibutuhkan untuk mencapai kerja.
• Methode, cara-cara yg dipergunakan dalam usaha untuk mencapai tujuan.
• Materials
• Machines
• Market
Tujuan Manajemen
Menurut tipenya, tujuan manajemen terbagi atas:
• Profit objectives, (mendapatkan laba).
• Service objectives, (memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen)
• Social objectives, (nilai guna bagi kesejahteraan masyarakat).
• Personal objectives, (pekerja secara individual economic, social psychologi puas dalam pekerjaan).
Menurut sifatnya terbagi dalam:
• Management objectives, tujuan dari segi efek yang harus ditimbulkan oleh manager.
• Managerial objectives, tujuan yang harus dicapai melalui daya upaya/aktivitas manajerial (umum).
• Administrative objectives, tujuan yang pencapaiannya memerlukan administrasi.
• Economic objectives, tujuan yang bermaksud memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan memerlukan efisiensi untuk pencapaiannya.
• Social objectives, tujuan untuk suatu tanggung jawab (moril).
• Technical objectives, tujuan berupa detil teknis, detil karya atau detil kerja.
• Work objectives, tujuan yang merupakan kondisi kerampungan suatu pekerjaan.
Menurut bidangnya, tujuan terbagi atas:
• Top level obj.,tujuan umum menyeluruh menyangkut berbagai bidang.
• Finance obj.,tujuan mengenai modal
• Production obj., tujuan menyangkut produksi.
• Marketing obj., tujuan mengenai bidang pemasaran.
• Office obj., tujuan mengenai bidang ketata usahaan
Fungsi-Fungsi Manajemen
Menurut G.R. Terry
• Planning
• Organizing
• Actuating
• Controlling
Menurut John F. MEE
• Planning
• Organizing
• Motivating
• Controlling
Menurut Harold K. & Cyril O.D.
• Planning
• Organizing
• Staffing
• Directing (pemberian bimbingan)
• controlling
1. Planning (Perencanaan)
Proses kegiatan pemikiran dan penentuan prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melakukan tindakan yang sebenar-benarnya dalam rangka mencapai tujuan.
Kegiatan-kegiatannya meliputi:
• Mengadakan survey thd lingkungan.
• Menentukan objective (sasaran)
• Meramalkan kondisi yang akan datang
• Menentukan sumber-sumber yang diperlukan.
• Memperbaiki & menyesuaikan rencana
2. Organizing (pengorganisasian)
Proses penyusunan struktur organisasi sesuai dg tujuannya, sumber-sumbernya dan lingkungannya.
Kegiatan-kegiatannya antara lain:
• Mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yg akan dilaksanakan.
• Membagi pekerjaan ke dalam tugas-tugas tertentu.
• Mengelompokan tugas-tugas dalam jabatan-jabatan.
• Menentukan jabatan-jabatan yang diperlukan
• Menentukan tugas yg akan dilaksanakan
• Mengatur personil, fasilitas dan sumber lain.
3. Staffing
Bagian dari organizing dan meliputi pembinaan pegawai dalam melaksanakan tugasnya pengusahakan tersedianya tenaga kerja yang terbaik untuk organisasi.
4. Motivating
Proses kegiatan yg harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat kerja dan kerelaan kerja para pegawai demi tercapainya tujuan organisasi.
Kegiatan-kegiatannya antara lain:
• Mengkomunikasikan dan menjelaskan tujuan-tujuan organisasi kepada bawahannya.
• Menentukan standar-standar pelaksanaannya
• Memberikan bimbingan kepada para bawahan
• Memberikan penghargaan kepada bawahan yang berprestasi
5. Controlling (pengendalian)
Rangkaian kegiatan yg harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian untuk menjamin agar tujuan dapat dicapai sesuai dg perencanaan.
Kegiatan-kegiatannya:
• Monitoring hasil-hasil dan membandingkannya dg standar.
• Menentukan penyebab-penyebab penyimpangan.
• Memperbaiki penyimpangan-penyimpangan
MANAGER
Pengertian Manager
• Sumber daya pokok serta titik sentral aktivitas yang terjadi dalam suatu perusahaan.
• Seseorang yang mengarahkan orang lain dan yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.
Manager menurut beberapa para ahli
• Robert Tanembaum
Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yg bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan
• Prof.Maccoby
Seorang yg mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yg terbaik dalam diri para bawahannya
• Lao-Tzu
Pemimpin yg baik ialah seseorang yang membantu mengembangkan orang lain. Sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya.
Sifat-sifat Pemimpin
• Energi
• Stabilitas emosi
• Human relationship
• Personal motivasi
• Communication
• Teaching skill
• Social skills
• Technical competent
Syarat-syarat pemimpin (Henry F.)
• Phyical (kesehatan pisik)
• Mental (kesehatan mental)
• Moral (energik, penuh spirit&inisiatif, loyalitas, dedikasi tinggi)
• General education (mempunyai pengetahuan umum yg luas)
• Special knowladge (memiliki pengetahuan kejuruan khusus dlm bidang teknis operatif
• Experience (pengalaman yg berasal dari kerja langsung di tempat)
• Syarat manajer (Littlefield & Peterson)
• Technical skills
• ketrampilan yg dimiliki untuk dapat menggerakan alat-alat teknis
• Human skills
• ketrampilan yg dimiliki dalam bidang kemanusiaan untuk menggerakan manusia
• Conceptual skills
• ketrampilan yg dimiliki seseorang untuk menggerakan perusahaan, melihat masa depan, menyusun rencana, menentukan dan menyusun organisasi yg baik.
Tugas-tugas manager
• Managerial cycle: siklus pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun, mengarahkan, pengendalian, penilaian dan pelaporan organisasi.
• Memotivasi: mendorong para bawahannya utk bekerja giat dan membina bawahan dg baik dan harmonis.
• Manager harus berusaha memenuhi kebutuhan para bawahannya.
• Manager harus dapat menciptakan kondisi yg akan membantu bawahannya mendapatkan kepuasan dalam pekerjaannya.
• Manager harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
• Manager harus membina bawahannya agar dpt bekerja scr efektif dan efisien.
• Manager hrs membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen scrbaik.
• Manager hrs mewakili dan membina hubungan yg harmonis dg pihak luar.
download dalam file PPT
2 comments:
terima kasih banyak untuk materinya ibu.
tapi bentuk ppt-nya belum bisa di download bu, harus dapat izin dari ibu.
terima kasih untuk materinya bu. :D
Post a Comment