Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Wednesday, September 16, 2009

Konsep Teknologi


Tujuan Mempelajari Konsep Teknologi:
 Mengetahui & Memahami Hubungan Manusia-Alam-Sains-Teknologi dan Kemakmuran
 Memahami Hakekat & Konsep Perkembangan Teknologi
 Mengetahui Karakter Teknologi Negara Maju & Perkembangan Teknologi Indonesia
 Mengetahui & Memahami Cara Berfikir & Bertindak Rekayasawan
 Memahami Etika Profesi Rekayasawan dalam Lingkungan Kerja & Masyarakat

Konsep :
Konsep adalah istilah dan definisi yang digunakan untuk menggambarkan gejala secara abstrak, contohnya seperti kejadian, keadaan, kelompok.Sehingga mampu memformulasikan pemikirannyakedalam konsep secara jelas dalam kaitannya dengan penyederhanaan beberapa masalah yang berkaitan satu dengan yang lainnya.

Dikenal dua pengertian mengenai konsep, yaitu
Pertama konsep yang jelas hubungannya dengan realita yang diwakili, contoh : meja, mobil
Kedua konsep yang abstrak hubungannya dengan realitas yang diwakili, contoh : kecerdasan, kekerabatan.

Teknologi berasal dari kata tekhnē dan logia ( Yunani ).
 Tekhnē berarti seni atau keahlian, sementara logia berarti “area studi” atau ilmu. Secara harfiah tekhnēlogia bearti ilmu tentang seni dan keahlian.
 Kata teknologi juga berasal dari kata latin yaitu texere yang berarti “membangun atau mendirikan”. Namun,pada perkembangannya teknologi dimaknai sebagai proses penciptaan alat dan mesin oleh manusia yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan bahan-bahan yang ada di lingkungannya .

Definisi Teknologi
Pengetahuan terbaru dari keahlian, pengetahuan dan praktik dalam produksi konsumsi dan distribusi dari produk dan layanan dalam proses pembangunan. (Mitchell F. Rice)

Cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dg bantuan alat dan akal shg seakan akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh pancaindra dan otak manusia. (Mahmudsyah syariffudin)

Teknologi adalah hasil dari pengetahuan ilmiah yang teroganisir dan diaplikasikan secara sistematis ke dalam hal hal yang bersifat praktis.Secara eksplisit, teknologi dianalogikan sebagai ’hardware’ dimana manusia sebagai pengguna dan teknologi sebagai alat yang digunakan.


materi selanjutnya lihat di ppt

No comments: