Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Wednesday, November 18, 2009

Judul


JUDUL
Bagaimana cara menulis judul yang baik? atau lebih tepatnya mungkin bagaimana kita menarik perhatian calon pembaca artikel kita dengan judul?
1. judul yang kita buat harus mencerminkan isi keseluruhan makalah.
2. Usahakan judul yang dibuat menjawab pertanyaan ataupun menawarkan sebuah jawaban.
3. Judul penelitian hendaknya dibuat singkat, jelas, menunjukkan dengan tepat masalah yang akan diteliti, dan tidak memberi peluang bagi penafsiran yang bermacam-macam.

Judul proposal penelitian
 Judul merupakan gerbang pertama seseorang membaca sebuah proposal penelitian.
 karena merupakan gerbang pertama, maka judul proposal penelitian perlu dapat menarik minat orang lain untuk membaca.
 Judul perlu singkat tapi bermakna dan tentu saja harus jelas terkait dengan isinya. Judul karya ilmiah berbeda dengan judul novel atau semacamnya dalam hal kejelasan kaitannya dengan isi.

Ada beberapa metode bijak untuk menentukan judul skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir, tugas khusus dan penulisan karya ilmiah lainnya. Cara-cara tersebut adalah :
1. Sesuaikan judul dengan basic interest/kesukaan
2. Sesuaikan dengan kemampuan
3. Simulasikan hasil judul sementara dengan kebutuhan masyarakat
4. Cari referensi yang mendukung
5. Sharing dosen, teman, kolega dan lainnya
6. Do it

SYARAT JUDUL TUGAS AKHIR YANG BAIK
 Produk
artinya adalah hasil penelitian (software, game, metodologi, model, etc) yang kita akan kembangkan. Produk inilah yang akan mengisi bab-bab tentang pengembangan produk, setelah bab landasan teori.
 Teori
artinya teori yang melandasi produk yang kita buat tadi. Teori inilah yang akan menguasai paragraf-paragraf di bab Landasan teori.
 Tujuan,
biasanya kita ambilkan dari masalah yang kita ambil dan tujuan dari penelitian ini untuk memecahkan masalah tersebut di sisi apa. Bisa membuat lebih efektif, membuat lebih akurat, membuat lebih banyak secara kuantitas, dsb.
 Obyek
adalah dimana kita menerapkan produk yang sudah kita kembangkan.

more klik ppt

No comments: