Interaksi Manusia Dan Komputer
Hubungan antara manusia dan komputer melalui display (screen computer) yg dapat menghubungkan kondisi komputer pada manusia serta kontrol (keyboard), yg mana manusia dapat menyesuaikan respon dg feedback yg diperoleh dari display tadi antara displyay dan kontrol harus terdapat interaksi yg saling menyesuaikan.
Tujuan IMK:
1. Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer & mendapatkan berbagai umpan balik yg ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer
2. Untuk memahami manusia sebagai sumber daya terpenting dalam membangun sistem dan juga manusia yg harus diperhatikan karena nantinya manusialah yg akan menggunakan sistem yg dibangun itu.
* Manusia (brainware)
merupakan salah satu elemen terpenting dalam interaksi manusia dan komputer, merupakan subyek sekaligus obyek dlm melakukan interaksi dg komputer.
* Komputer
sebagai elemen yg akan dikenai berbagai perlakuan untuk melayani manusia dlm hubungannya dg interaksi manusia dan komputer.
* Interaksi
model interkasi membantu kita mengerti apa yg terjadi di antara pengguna dan sistem dan menerjemahkan tujuan antara apa yg diinginkan user dan apa yg harus sistem kerjakan
Definisi IMK adalah sebagai berikut:
1. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dg komputer.
2. Suatu disiplin ilmu yg menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dr sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dg mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
3. Suatu studi ttg masyarakat didalam lingkungan kerja
Faktor-faktor Pendewasaan Human Computer Interface HCI
1. Faktor Rekayasa Perangkat Lunak:
merupakan suatu faktor yg bisa menciptakan suatu program yg efektif, efisien serta user friendly shg dapat dihasilkan suatu mesin yg betul-betul diinginkan user.
Salah satu kriteria yg harus dimiliki oleh sebuah perangkat lunak untuk mendapatkan predikat ”ramah dengan pengguna” adalah:
- perangkat lunak itu mempunyai antarmuka yg bagus
- mudah dioperasikan
- mudah dipelajari
- dan pengguna selalu merasa senang untuk menggunakan perangkat lunak tsb.
Kesulitan yg timbul dlm pengembangan fasilitas antarmuka dr sebuah perangkat lunak a.l.:
- Antarmuka itu harus menangani sejumlah peranti kontrol
- Antarmuka harus mempunyai kinerja yg ketat.
2. Faktor Kecerdasan Buatan
bagian ilmu komputer yg bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yg dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dg mesin, mengambil keputusan, memecahkan masalah & pembelajaran.
3. Faktor linguistik Komputasional
4. Faktor Psikologi
siapa target pengguna program, bagaimana perilaku mereka secara umum
5. Faktor Multimedia
sebagai sarana dialog yg sangat efektif, antara manusia dan komputer.
6. Faktor antropologi
ilmu ttg manusia jg memegang peranan penting dlm sistem IMK karena interaksi dipengaruhi oleh teknologi yg digunakan
7. Faktor Ergonomi:
berhubungan dg aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman
8. Faktor Sosiologi :
berhubungan dg pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial.
9. Teknik Penulisan:
suatu program yg dibuat membutuhkan manual agar orang yg belum bisa menggunakan program tsb bisa mempelajari telebih dahulu shg terjadi interaksi yg baik antara manusia dg komputer.
10. Faktor Matematika
11. Faktor Bisnis
Manusia
Manusia dipandang sbg sistem yg memproses informasi, yg dijelaskan sbb:
1. Informasi diterima dan ditanggapi dg proses masukan-keluaran
2. Informasi disimpan didlm ingatan (memory)
3. Informasi diproses dan diaplikasikan dg berbagai cara
Proses pemasukan dan pengeluaran pd manusia ada 2 tahap:
1. Pemasukan scr fisik dr stimulus
2. Pengelolaan & interpretasi dr stimulus
Alat fisik yg digunakan utk mendapatkan visi adalah mata. Proses yg terjadi pd mata utk mendapatkan visi adl sbb:
1. Merupakan suatu mekanisme penerimaan cahaya yg ditransformasikan ke dlm energi elektrik
2. Cahaya memantul dr objek2 yg dipandang & citra dr objek tsb difokuskan scr terbalik pd retina.
3. Retina mengandung rod dan cone
4. Sel ganglion berfungsi utk mendeteksi pola dan gerakan
Komputer
Didefinisikan sebagai perangkat elektronik yg dpt dipakai utk mengolah data dg perantaraan sebuah program yg mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tsb.
Interaksi
Interaksi membantu manusia, apa yg terjadi antara user dan sistem komputer.
Sisten interaksi menterjemahkan antara apa yg diinginkan oleh user terhadap sisten yg ada.
Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface)
User interface yg merupakan bagian sistem yg dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem.
Sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan , peranti keluaran, masukan dr pengguna.
Dua pendekatan yg digunakan untuk pendayagunaan sistem interaksi:
1. Paradigma : sistem interaksi yg berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tsb.
2. Prinsip : interaksi efektif dr berbagai aspek pengetahuan spt psikologi, komputasi dan sosiologi yg mengarahkan pd peningkatan desain dan evolusi produk yg nantinya akan meningkatkan daya guna sistem tsb.
Pendayagunaan dipengaruhi oleh beberapa sifat, yaitu:
1. Learnability : kemudahan yg memungkinkan user baru berinteraksi scr efektif dan dapat mencapai performance yg maksimal.
2. Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
3. Robustness : tingkat dukungan yg diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan yg diinginkan.
file dalam bentuk ppt
No comments:
Post a Comment