Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Friday, October 16, 2009

ORGANISASI


Mengapa organisasi diperlukan?
• Adanya keterbatasan menyebabkan manusia tidak dapat mencapai sebagian besar tujuannya tanpa kerjasama dengan orang lain.

Pengertian Organisasi
• Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Griffin, 2002)
• Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama (Ernie&Kurniawan,2005)
• (Ernest Dale) Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola-pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
• (Cyril Soffer) Organisasi adalah perserikatan orangorang yang masing-masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas , dibagikan diantara pemegang peran dan kemudian digabungkan ke dalam beberapa bentuk (organisasi sebagai suatu sistem peranan)

Perusahaan adalah suatu bentuk organisasi produksi yang meliputi berbagai fungsi yang dikoordinasi untuk memproduksi sebagian barang atau jasa tertentu dan tujuan ekonominya tergantung pada perbandingan kekuasaan dalam suatu organisasi.

• Hakikat organisasi adalah adanya orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan; tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan saling tergantung; bekerja bersama atas dasar pembagian kerja, peran, dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.

Organisasi dan manajemen
• Organisasi: Statis, sebagai wadah
• Manajemen: Dinamis, sebagai proses bagaimana mengelola sumberdaya organisasi

Beberapa alasan mempelajari organisasi :
1. Kompleksitas masalah membuat kita bergantung pada organisasi
2. Memberikan pemahaman terhadap cara organisasi beroperasi dan banyak cara perancangan organisasi. Hal ini terkait juga dengan tantangan perancangan organisasi yang berkembang
3. Studi organisasi meningkatkan kemampuan mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin akan
kita hadapi dalam pekerjaan memperbesar probabilitas keberhasilan

Jenis-jenis Organisasi
• Organisasi Non Profit/Nirlaba à Publik
 Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
 Lembaga Pendidikan Negeri
 Yayasan Sosial,
 Dll

• Organisasi Profit à Bisnis
 Perusahaan Besar
 Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
 Perusahaan Kecil
 Koperasi
 Perusahaan Multinasional
 dll


more klik disini