Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Friday, October 16, 2009

I S O



iso (International Organization for Standardization)
 ISO sebuah organisasi internasional yang berkerja menyusun dan menerbitkan standar
internasional.
 Saat ini ISO beranggotakan 150 negara, termasuk Indonesia yang diwakili Badan
Standardisasi Nasional (BSN). Penerbitan standar didasarkan atas konsesus para anggota ISO
 Sejak didirikan pada 1947, ISO telah merilis 16.500 standar internasional . Dari sejumlah standar yang diterbitkan itu termasuk dua standar manajemen internasional paling populer yakni standar
 sistem manajemen mutu ISO 9000 dan standar sistem manajemen lingkungan ISO 14000.
 ISO adalah penerbit dan pengembang terbesar di dunia dari standar internasional yang ada yang berpusat di Genewa, Switzerland. ISO adalah suatu organisasi nonpemerintahan yang menjembatani antara publik dan sektor swasta.
 Tujuan ISO adalah mengembangkan dan mempromosikan standar-standar yang berlaku secara internasional

Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:
 meningkatkan citra perusahaan;
 meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan;
 meningkatkan efisiensi kegiatan;
 memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act);
 meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan;
 mengurangi resiko usaha; meningkatkan daya saing; meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan;
 mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal (Wikipedia, 2008).



Beberapa keuntungan dari penerapan standarisasi :
1. Orientasi Pelanggan
Standarisasi memenuhi persyaratan pelanggan dengan memberikan mutu produk atau jasa untuk kepuasan pelanggan.
2. Keuntungan Pasar
Perusahaan yang telah mempunyai sertifikat ISO dapat diterima oleh semua pelanggan di pasar domestik dan internasional.
3. Pengakuan
ISO akan memberikan pengakuan khusus terhadap perusahaan, sehingga membawa persepsi pembeli pada tingkat yang lebih tinggi.
4. Kepercayaan
ISO menciptakan kepercayaan manajemen terhadap mutu produk atau jasa yang dihasilkan kepada pelanggan mengenai kemampuan perusahaan
5. Konsistensi Mutu
ISO membantu memelihara konsistensi mutu produk atau jasa.
6. Aspek Legal
Secara resmi telah diterima oleh banyak negara.
7. Peningkatan Produktivitas
Standarisasi dapat meningkatkan produktifitas organisasi dengan penggunaan material, teknik dan sumber daya yang efektif.
8. Meningkatkan unjuk kerja keuangan
Dengan berkurangnya biaya mutu, maka produktifitas meningkat, unjuk kerja keuangan perusahaan juga meningkat.
9. Terdokumentasi
Sistem dokumentasi untuk produk, bahan kegiatan dan operasi membantu dalam identifikasi, kaji ulang dan peningkatan produk atau jasa.
10. Kemampuan Organisasi
ISO menunjukkan kemampuan organisasi perusahaan untuk mencapai mutu tertentu
11. Pengembangan SDM
ISO memberikan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja secara teratur sehingga membantu peningkatan budaya kerja di seluruh organisasi.
12. Pemantauan
ISO akan membantu pemantauan secara teratur semua kegiatan organisasi, identifikasi masalah dan melakukan tindakan perbaikan tepat waktu.
13. Peningkatan potensi ekspor
Organisasi perdagangan internasional lebih senang melakukan kontak bisnis dengan pemasok yang telah mempunyai sertifikat terstandarisasi.

more klik disini

No comments: