Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Friday, November 27, 2009

Industri & Manajemen Industri



Industri

Industri didefinisikan sebagai suatu lokasi/tempat dimana aktivitas produksi akan diselenggarakan

Pengertian tentang produk
 Produk, output, man-made object
 Bentuk/wujud fisik, tangible, abstrak (jasa)
 Finished goods product, defects, waste, scrap
 Diperoleh dr proses 1. trasformasi fisik/non fisik (bentuk, ukuran, dimensi linier, berat, volume, unsur kimiawi, sifat. 2. nilai tambah (nilai fungsional dan nilai ekonomis)

Karakteristik produk
 Karakteristik : jati diri
 Bisa berupa “kualitas produk” atau yg bersifat khas (unique) atau keistimewaan sebuah produk yg mampu memberikan ciri dan memudahkan didalam mengidentifikasikannya.
 Beberapa atribut dlm pembentukan karakter produk:
1. Jenis dan kualitas material yg dipergunakan.
2. Teknologi proses yg diaplikasikan (ketelitian, toleransi)
3. Ergonomic qualities (comfort & safety)
4. Fungsi operasional (keandalan, performance, dll)
5. Estetika (personal taste, hand-made, dll)
6. Cost/price (murah-mudah rusak atau mahal- kualitas tinggi)

Adanya proses manajemen jelas akan memberikan ketetapan mengenai:
1. Sistem nilai dan tujuan yg ingin dicapai.
2. Struktur organisasi dikaitkan dg hirarki, tanggung jawab dan wewenang
3. Perancangan, perencanaan dan pengendalian aktivitas operasional yg harus dilaksanakan

more klik ppt

No comments: