Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...
DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.
Friday, November 27, 2009
Industri & Manajemen Industri
Industri
Industri didefinisikan sebagai suatu lokasi/tempat dimana aktivitas produksi akan diselenggarakan
Pengertian tentang produk
Produk, output, man-made object
Bentuk/wujud fisik, tangible, abstrak (jasa)
Finished goods product, defects, waste, scrap
Diperoleh dr proses 1. trasformasi fisik/non fisik (bentuk, ukuran, dimensi linier, berat, volume, unsur kimiawi, sifat. 2. nilai tambah (nilai fungsional dan nilai ekonomis)
Karakteristik produk
Karakteristik : jati diri
Bisa berupa “kualitas produk” atau yg bersifat khas (unique) atau keistimewaan sebuah produk yg mampu memberikan ciri dan memudahkan didalam mengidentifikasikannya.
Beberapa atribut dlm pembentukan karakter produk:
1. Jenis dan kualitas material yg dipergunakan.
2. Teknologi proses yg diaplikasikan (ketelitian, toleransi)
3. Ergonomic qualities (comfort & safety)
4. Fungsi operasional (keandalan, performance, dll)
5. Estetika (personal taste, hand-made, dll)
6. Cost/price (murah-mudah rusak atau mahal- kualitas tinggi)
Adanya proses manajemen jelas akan memberikan ketetapan mengenai:
1. Sistem nilai dan tujuan yg ingin dicapai.
2. Struktur organisasi dikaitkan dg hirarki, tanggung jawab dan wewenang
3. Perancangan, perencanaan dan pengendalian aktivitas operasional yg harus dilaksanakan
more klik ppt
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment