Untuk Indonesia Cerdas Dan Bermartabat...

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

DR. Ida Ayu Sri Adnyani, ST. MErg.

Friday, November 27, 2009

Pengendalian Konsep Kualitas Terpadu


PENGENDALIAN KONSEP KUALITAS TERPADU
Total Quality Management (TQM)
adalah suatu sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas organisasi dg menggunakan pengendalian kualitas dlm pemecahan masalah yg mengikutsertakan seluruh karyawan dlm rangka memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Konsep kualitas itu sendiri sering dianggap sebagai ukuran relatif kebaikan suatu produk atau jasa yg terdiri atas kualitas desain atau rancangan dan kualitas kesesuaian atau kecocokan

SISTEM MANAJEMEN MUTU
Ada 3 tingkatan standar yg berbeda dalam sektor jasa
1. Tingkat terendah: standar bahan baku dan komponen yg dibeli.
2. Tingkat sedang: standar untuk proses atau produk jasa.
3. Tingkat tertinggi: standar untuk manufaktur, industri-industri jasa (ISO 9000).

Kualitas /Mutu
Definisi :

 Suatu strategi dasar bisnis yg menghasilkan barang dan jasa yg memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen internal dan eksternal.
 Produk atau jasa yg berkualitas adl:
• Bila produk atau jasa tsb memenuhi atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan saja satu kali tetapi berulangkali.
• Memberikan kepuasan kepada pelanggan

KONSEP KUALITAS
Masa dahulu, produk2 yang cacat (yang bisa menyebabkan kecelakaan, kerusakan dan pencemaran) tidak menjadi masalah utama, yang penting bisa memproduksi banyak.
Dalam masa sekarang, sasaran produksi adalah menciptakan produksi yang bisa laku sehingga tekanannya beralih dari jumlah ke mutu.

Unsur-unsur dalam menilai mutu :
1. Harga yang wajar
2. Ekonomi
3. Awet
4. Aman
5. Mudah digunakan
6. Mudah dibuat
7. Mudah dibuang

Unsur-unsur untuk memiliki produk yang unggul :
1. Desain yang bagus
2. Keunggulan dalam persaingan
3. Daya tarik fisik
4. Berbeda dan asli

more klik ppt

No comments: